Premi Prudential Tumbuh 87,6 Persen

Saturday, September 22, 2007 0 comments

Premi Prudential Tumbuh 87,6 Persen

JAKARTA, KOMPAS — PT Prudential Life Assurance, (Prudential Indonesia) mencatat perolehan premi senilai Rp 2,09 triliun selama semester 1-2007. Angka tersebut tumbuh 87,6 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.
Demikian basil laporan keuangan belum diaudit yang diterima Kompas, Senin (17/9) di Jakarta. Pertumbuhan tersebut didorong oleh pendapatan premi yang berasal dari unit link atau produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi.
Pencapaian itu membuat anak usaha Prudential Plc Inggris menjadi yang terbesar di Indonesia dari segi pendapatan premi bisnis baru unit link dengan pangsa 33,81 persen. Adapun total pendapatan investasi Prudential Indonesia mencapai Rp 632,66 miliar. Angka ini meningkat 110,76 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.
Perolehan ini tak terlepas dari kemampuan mengelola investasi dan menganalisis risiko yang dijamin. Buktinya, klaim hanya tumbuh 20,8 persen, dari Rp 370,47 miliar pada Juni 2006 menjadi Rp 447,44 miliar pada Juni 2007. Untuk memanfaatkan momentum pertumbuhan pasar asuransi konvensional, Prudential Indonesia pun meluncurkan produk unit link syariah, yakni produk yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.
"Kami sangat serius memasuki pasar asuransi jiwa syariah. Ini antara lain dibuktikan dengan riset yang cukup mendalam terhadap pasar syariah. Kami juga menyiapkan modal awal pembentukan cabang syariah sebesar Rp 37 miliar," kata Presiders Direktur Prudential Indonesia Kevin Holmgren.
Manajemen juga telah membentuk Dewan Pengawas Syariah (DPS) Prudential Indonesia. Adiwarman 'A Karim, pakar keuangan syariah yang juga salah satu. anggota DPS Prudential Indonesia, mengatakan, semakin banyak asuransi konvensional yang membuka cabang, syariah.
Hal ini merupakan strategi mengantisipasi kebutuhan 'pasar asuransi syariah yang meningkat. Sampai saat ini, terdapat sekitar 40 perusahaan yang menjual asuransi syariah.
"pada akhir 2008, diperkirakan pendapatan premi asuransi syariah bisa mencapai Rp 1 triliun," tutur Adiwarman. (FAJ)

0 comments: to “ Premi Prudential Tumbuh 87,6 Persen so far...