Mengenal Reksa Dana

Sunday, February 24, 2008 0 comments

Apakah Reksa Dana itu?

Reksa Dana berasal dari kosa kata Reksa yang berarti menjaga atau memelihara dan Dana yang berarti uang atau sekumpulan.uang. Jadi Reksa Dana berarti kumpulan uang yang dipelihara bersama untuk suatu kepentingan. Menurut Unclang-unclang Nomor 8 tahun 1995, Reksa Dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio efek oleh Manajer Investasi. Di Amerika Serikat disebut Mutual Fund, di Inggris clikenal dengan nama Unit Trust, clan di Jepang disebut Investment Trust.

Apakah Manfaat Reksa Dana itu?

Ada banyak manfaat yang bisa didapat oleh pemodal yang berinvestasi di Reksa Dana, di antaranya yaitu :

· Dikelola oleh tenaga profesional

Manajer Investasi harus mempunyai kuali­fikasi, pengalaman dan integritas yang tinggi sebelum dapat mengelola dana.

· Diversifikasi investasi

Pemodal tidak hanya berinvestasi di satu instrumen investasi saja,tapi bisa mendiversi­fikasikan dananya ke Reksa Dana untuk menda­patkan tingkat pengembalian yang relatif lebih tinggi dengan risiko yang masih dapat diterima.

· Minimum investasi relatif murah

Investasi di Reksa Dana ticlak membutuhkan modal yang besar.

· Sangat likuid karena pemodal dapat membeli dan menjual kapanpun pada Hari Bursa. Berbecla dengan deposito yang mempunyai penalti bila ditarik sebelum jatuh tempo, Reksa Dana tidak menerapkan penalti.

· Dan lain - lain

Apa Risiko Investasi Reksa Dana?

· Risiko berkurangnya nilai investasi

Modal awal pemodal bisa berkurang karena investasi di Reksa Dana ticlak cligaransi pasti memberikan keuntungan. Naik turunnya nilai investasi tergantung isi portfolio Reksa Dana, bila saham/obligasi dalam portfolio rata-rata naik maka nilai investasi Reksa Dana juga naik atau pemodal menikmati keuntungan. Namun sebaliknya bila saham/obligasi dalam portfolio turun harganya maka pemodal mengalami keru­gian potensial.

· Risiko likuiditas saat penarikan dana pemodal

Sama seperti bank yang mengalami rush (penarikan besar-besaran secara bersamaan), Reksa Dana juga menghadapi risiko serupa. Bila pemodal beramai-ramai'menarik dananya seclan­gkan dana tersebut masih diinvestasikan dalam saham/obligasi maka Manajer Investasi harus menjual saham/obligasi tersebut untuk diba­yarkan kepada pemodal. Penjualan

saham/obligasi dalam jumlah besar berpotensi menurunkan harga saham/obligasi sehingga menurunkan Reksa Dana.

· Risiko wanprestasi emiten

Penerbit obligasi yang gaga) membayar kupon bunga atau nilai pokok utang menyebabkan Reksa Dana ticlak menerima penghasilan yang semestinya diterima.

Republika 17/12/07


0 comments: to “ Mengenal Reksa Dana so far...